Sosialiasi PKPU Terbaru, KPU Lutra: Ini Perubahan Paradigma Metode Kampanye di Masa Pandemi COVID-19

88
ADVERTISEMENT

Luwu Utara–Masa pandemi Covid-19 menjadi perhatian pemerintah sehingga sosialisasi dipandang perlu, bagi peraturan terbaru seputar Pilkada Serentak tahun ini, yang dituangkan dalam Peraturan PKPU Nomor 13 Tahun 2020.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Aturan baru KPU ini mengacu pada PKPU RI No. 6 Tahun 2020 junto PKPU No 10 Tahun 2020 junto PKPU No. 13 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease (COVID-19).

Demikian dikatakan Ketua KPU Luwu Utara Syamsul Bachri saat menggelar sosialisasi tersebut, Senin pagi (5/10) di Soft Coffee Masamba, yang menegaskan bahwa ada beberapa poin yang berubah dalam aturan terbaru tersebut, sehubungan pelaksaan Pilkada kali ini dalam suasana yang tidak normal.

“Konstruksi awalnya adalah dalam keadaan normal. Sedangkan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 adalah PKPU yang disusun khusus dalam kondisi pagebluk Covid,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

Sementara anggota KPU Lutra lainnya, Rahmat, mengatakan, “Beberapa hal yang subtansi terkait kampanye oleh Paslon bupati dan wakil bupati Luwu Utara dan pelaksanaan Rapat Umum sudah ditiadakan, dan kegiatan lain yang boleh dilakukan sesuai pasal 58 PKPU 6 Tahun 2020, hanya dapat dilakukan melalui Media Sosial dan daring atau online,” tegas Rahmat, komisioner KPU Lutra bidang hukum dan advokasi ini.

Hadir dalam sosialisasi aturan terbaru itu, selain Ketua KPU Luwu Utara dan jajaran KPU lainnya, hadir pula anggota Bawaslu Luwu Utara Ibrahim Umar, Kapolres Luwu Utara yang diwakili Kasat Intelkam IPTU Muhajir, Dandim diwakili oleh Perwira Penghubung, Badan Kesbangpol Pemda Lutra, Satpol PP, Juru Bicara Tim Gerak Cepat Penanganan Covid-19 Lutra, Komang Krisna serta LO Paslon. (*/iys)

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

ADVERTISEMENT