PALOPO – Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2018 kemarin, sejumlah kegiatan ramai diadakan. Salah satunya turnamen catur antar pelajar se-Kota Palopo yang diikuti oleh SMPN 7 Palopo.

Sebanyak 6 siswa SMPN 7 Palopo mengikuti perlombaan catur tersebut. Pieter Nangko mengatakan turnament catur tidak hanya antar pelajar SMP, turnament tersebut melibatkan pelajar SD hingga SMA dan sederajat.

“Kegiatan ini cukup menarik karena ada catur. Dari permainan catur kita bisa mengambil banyak manfaat terutama bagi siswa yang main, apalagi ini memperingati sumpah pemuda jadi harus semangat,” katanya.

Catur memang dikenal sebagai permainan menggunakan taktik, yang mampu melatih kemampuan otak. Otak adalah organ yang cukup penting bagi manusia, semua fungsi kerja tubuh kita baik secara sadar atau tidak sadar dipengaruhi oleh otak.

“Alhamdulillah dari sejumlah sekolah yang ikut, kemarin ada siswa kami yang dapat harapan 1, tetapi juara atau tidak yang paling penting siswa bisa turut terlibat dan unjuk kemampuan, itu dulu,” ujarnya.

Turnament tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palopo. Pieter berharap para siswanya mampu menjadi generasi penerus yang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara. (apl/liq)