Ini Penyebab Melonjaknya Angka Kasus Positif Corona di Sulsel

603
ADVERTISEMENT

MAKASSAR-Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah mengungkapkan penyebab melonjaknya kasus pasien positif virus corona di wilayahnya.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Menurutnya, salah satu penyebab meningkatnya kasus tersebut, lantaran lambatnya hasil uji laboratorium yang diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Seperti diketahui, per tanggal 26 Maret 2020 kemarin, tercatat sebanyak 27 pasien yang dinyatakan positif corona di Sulsel. Angka tersebut, bertambah 14 kasus jika dibanding sehari sebelumnya.

“Bahkan ada yang sudah meninggal, uji lab-nya baru datang. Ada yang udah sembuh, uji labnya baru datang (tetapkan) dia negatif,” kata Nurdin Abdullah, seperti dikutip dari Sindonews, Jumat (27/3/2020)

ADVERTISEMENT

Lebih jauh, dia menjelaskan jika lonjakan ini juga, merupakan buah dari beroperasinya laboratorium pemeriksaan uji covid-19 atau virus korona di Sulsel.

Laboratorium yang dimaksud yakni, Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, termasuk laboratorium Unhas yang ditempatkan di RSUP dr Wahidin Sudirohisodo.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Sudah beberapa hari ini (beroperasi). Tiap hari 60 sampel kita bisa hasilkan. Bayangin saja penularan itu bisa merajalela kemana-mana karena kita tidak punya data,” jelas Nurdin.

Dia menyebutkan, jika berkat pemeriksaan di laboratorium di Makassar ini, sangat membantu tiap daerah bergerak cepat mengantisipasi penyebaran lebih luas lagi.

Sebab katanya, saat ini hasil uji sudah tidak lagi perlu menunggu waktu lama, dimana sebelumnya hanya dipusatkan di Litbangkes Kemenkes Jakarta.

“Sekarang kita sudah bersyukur kelihatan semua, dan kita sudah lakukan tracking contact. Kita sudah mulai lokalisir semua,” terang Nurdin Abdullah.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini, juga sudah mengintruksikan kepada setiap kepala daerah agar segera bertindak untuk mengindetifikasi penyebaran, atau melakukan tracking contact di wilayahnya, khusunya daerah yang memiliki kasus positif covid-19.

“Sulawesi Selatan mungkin memang akan melonjak, tapi kita bisa mengambil langkah-langkah cepat. Saya kira insya Allah, jangan kita kaget dengan lonjakan jumlah ini,” tegas Nurdin. (*/Sya)

ADVERTISEMENT