Korban Gempa yang Tiba di Palopo, Trauma Hingga Mengurung Diri di Kamar

1325
Kadis Sosial Palopo, M Tahir menyerahkan bantuan kepada korban gempa dan tsunami Palu yang tiba di Palopo.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Korban gempa dan tsunami Palu-Donggala Provinsi Sulawesi Tengah mengungsi ke sejumlah daerah, daerah di mana keluarga mereka berada.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Termasuk di Kota Palopo. Data Dinas Sosial Kota Palopo hingga Kamis (4/10/18) pagi, sudah terdata ada 60 korban gempa yang masuk ke kota idaman, julukan Palopo.

Kepala Dinas Sosial Palopo, M Tahir mengatakan korban gempa dan tsunami tersebar di sejumlah kelurahan yang ada di Palopo. M Tahir merincikan, sebanyak 26 orang di Kelurahan Sampoddo, 13 orang di Kelurahan Murante, 12 orang di Kelurahan Pattene dan 9 di Kelurahan Pontap.

“Dari total itu, sebanyak 14 adalah anak-anak. Rata-rata mereka murni orang Palu namun memiliki keluarga di Palopo,” kata M Tahir.

ADVERTISEMENT

Pihak Dinas Sosial sendiri bersama pemerintah setempat, Basarnas dan masyarakat berupaya memberikan bantuan semaksimal mungkin.

“Korban yang masih tercatat sebagai anak-anak kami laporkan ke Kementerian Sosial. Mereka akan didampingi oleh pekerja sosial untuk memulihkan kondisi psikis dan jiwa mereka,” sebut M tahir.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Sementara untuk korban lainnya kata M Tahir trauma dan tidak mau ditemui oleh pemerintah. “Semua korban kecuali yang berada di Kelurahan Sampoddo itu trauma. Mereka mengurung diri dalam kamar, tidak mau ditemui oleh siapapun,” jelas M Tahir.

M Tahir menyampaikan kepada seluruh masyarakat Palopo jika menemukan korban gempa dan tsunami ke Palopo agar segera melaporkannya ke Dinas Sosial.

“Kami mohon untuk disampaikan, supaya kami bisa data dan berikan bantuan. Sudah ada beberapa korban yang transit di Palopo. Kami carikan kendaraan untuk pulang ke kampung halamannya, termasuk memberikan mereka uang makan selama dijalan,” tandasnya. (asm)

ADVERTISEMENT