RAPBD 2020, Pemkab Luwu Usul Pengadaan Alkes Rp14 Miliar

756
RSUD Batara Guru Belopa
ADVERTISEMENT

BELOPA — Rancangan Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2020 milik Pemerintah Kabupaten Luwu telah dibahas di DPRD Luwu, usai diserahkan beberapa waktu lalu. RAPBD ini memuat berbagaiu usulan anggaran program yang nantinya akan dijalankan Pemkab Luwu dalam rangka pembangunan daerah selama satu tahun. Salah satu diantaranya program peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dalam peningkatan pelayanan kesehatan, Pemkab Luwu menganggarakan pengadaan alat Kesehatan dan pengadaan alat kesehatan perawat sebesar Rp4 miliar bersumber dari Dana Insentif Daerah, dan pengadaan alat kesehatan (DAK) sebesar Rp10 miliar bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dengan keterangan “Tambahan” untuk lokasi kegiatan Belopa.

Dalam RAPBD 2020, pengadaan alat kesehatan DAK sebesar Rp10 Miliar ini belum diketahui secara pasti perincian pembelian alat kesehatan untuk anggaran ini.

Sementara itu, dari hasil Kunjungan kerja lapangan Komisi I DPRD Kabupaten Luwu, beberapa waktu yang lalu, menemukan bahwa dengan rendahnya tegangan listrik di RS Batara Guru menyebabkan alat kesehatan (ALKES) berupa peralatan medis yang vital tidak lagi difungsikan, termasuk alat CT Scan dan Alat Cuci Darah.

ADVERTISEMENT

Dari informasi yang dihimpun, pelayanan di RS Batara Guru kurang maksimal serta banyak alkes yang tidak difungsikan yang akhirnya mengalami kerusakan.

Direktur RSUD Batara Guru, dr. Daud Mustakim, saat di konfirmasi soal Alkes yang tidak difungsikan, ia mengatakan bahwa pihaknya belum melakukan pengecekan, tapi peralatan medis yang tidak difungsikan yakni CT SCAN.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Belum kami cek betul, yang besar CT SCAN,” kata dr. Daud singkat, saat dihubungi melalui via WhatsApp, Jumat (22/11/2019).

Disamping itu, untuk menunjang pelayanan kesehatan untuk kebutuhan RSUD Batara Guru Belopa, yang berhubungan dengan pengadaan Alkes, dr Daud, menyampaikan bahwa hal itu tergantung dokter spesialis yang ada. “Tergantung dokter spesialis yang ada, januari nanti update data,” pungkasnya. (fit)

ADVERTISEMENT