Rektor UNCP, Prof Hanafie Mahtika.

PALOPO — Universitas Cokroaminoto Palopo kembali membuktikan dirinya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Sulawesi Selatan. Beberapa tahun terakhir, peringkatnya terus naik.

Seperti yang dilansir 4 International Colleges and Universities (4ICU) di laman https://www.4icu.org/reviews/14232.htm, menempatkan UNCP pada peringkat ke-149 perguruan tinggi terbaik nasional di Indonesia pada tahun 2019 ini. Padahal, dua tahun sebelumnya, pada tahun 2017 silam UNCP menduduki peringkat ke-151 perguruan tinggi terbaik nasional. Bahkan, sebelumnya ditahun 2015, UNCP bertenger pada peringkat ke-695.

Sementara untuk tingkat Sulawesi Selatan, UNCP berada pada peringkat ke-5 dari semua perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Selatan baik tingkat swasta maupun negeri.

UNCP berada dibawah Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Makassar. UNCP menjadi kampus terbaik ke-2 untuk perguruan tinggi swasta serta masih tetap unggul sebagai perguruan tinggi terbaik peringkat pertama di Luwu Raya.

Rektor UNCP, Prof Hanafie Mahtika mengatakan, indikator penilaian 4ICU antara lain kemahasiswaan, akreditasi, penelitian dan publikasi dan sumber daya manusianya. Penilaian tersebut baik untuk niversitas negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

“Alhamdulilah, kita naik peringkat. UNCP adalah universitas terbaik se-Luwu Raya,” katanya.

Meski demikian, pihaknya belum puas dengan peringkat tersebut. Prof Hanafie berjanji akan memperbaiki kinerja kampus kuning sehingga peringkatnya bisa naik terus.

” Seluruh civitas akademika bekerja keras dan berbenah untuk menjadi yang terbaik. Tapi kami tidak puas dengan peringkat ini. Insya Allah pada 2 tahun mendatang peringkat kita bisa lebih lagi,” katanya. (asm)

Berikut Peringkat Perguruan Tinggi di Sulsel Versi 4ICU

1 Universitas Hasanuddin
2 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
3 Universitas Negeri Makassar
4 Universitas Muhammadiyah Makassar
5 Universitas Cokroaminoto Palopo
6 Universitas Muslim Indonesia
7 Universitas Bosowa
8 Universitas Atma Jaya Makassar
9 Universitas Kristen Indonesia Paulus
10 Universitas Fajar
11 Universitas Islam Makassar
12 Universitas Kristen Indonesia Toraja
13 Universitas Patria Artha
14 Universitas Muhammadiyah Parepare
15 Universitas Pancasakti Makassar
16 Universitas Andi Djemma Palopo
17 Universitas Sawerigading Makassar
18 Universitas Pejuang Republik Indonesia Makassar
19 Universitas Teknologi Sulawesi
20 Universitas Cokroaminoto Makassar
21 Universitas Karya Dharma Makassar
22 Universitas Pepabri Makassar
22 Universitas Indonesia Timur
22 Universitas Veteran Republik Indonesia