Sepakbola Usia Dini Palopo Resmi Bergulir

311
Wawali Palopo, Rahmat Masri Bandaso menendang bola secara simbolis sebagai tanda dimulainya sepakbola usia dini.

PALOPO — Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) secara resmi membuka kejuaraan sepakbola usia 7-12 tahun tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Palopo Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palopo, di Lapangan Pancasila, Senin (18/3/2019).

Dalam sambutannya, RMB mengungkapkan bahwa kejuaraan ini merupakan tahapan baru dalam persepakbolaan yang dimulai dari jenjang SD. Di mana untuk melihat bibit atlit yang baik sudah dapat dilakukan pada usia anak-anak di Sekokah Dasar.

Lanjut RMB, melalui kegiatan tersebut tentunya sangat diharapkan lahir bibit-bibit sepakbola yang handal yang bisa dibanggakan, karena membawa nama baik Kota Palopo. Bahkan tidak menutup kemungkinan anak-anak didik ke depan mampu untuk meraih prestasi hingga ke tingkat regional dan Internasional.

“Kita berharap untuk terus dilakukan pembinaan yang lebih maju, sehingga kota Palopo akan melahirkan atlit pesepakbola yang handal yang dibutuhkan oleh masyarakat baik di lokal maupun di internasional,” harapnya.

Pada pembukaan kejuaraan yang diawali dengan penampilan devile oleh seluruh peserta, RMB berharap dapat menjadi media pembentukan karakter anak didik terutama karakter kejujuran, sportifitas dan optimisme.

Sementara itu, Kepala Dinas pemuda dan olahraga (Kadispora) Palopo, Nuryadin menyampaikan kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin Dispora untuk menelusuri bakat dan minat anak.

“Dalam kejuaraan ini, pemerintah bisa menemukan bibit-bibit, bakat dan minat melalui anak-anak sekolah. Dan juga dapat melahirkan atlit bukan hanya saja di tingkat lokal tetapi bisa tingkat nasional atau bahkan sampai mendunia,” kata Nuryadin.

Ia juga menyampaikan kegiatan ini diikuti sebanyak 40 tim atau peserta tingkat SD usia 7-12 tahun ini. “Kejuaraan ini dipantau dari PSSI dan dari kementerian pemuda dan olahraga tingkat provinsi,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan penyerahan piala bergilir oleh Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso kepada Kadispora Palopo, Nuryadin disaksikan langsung oleh seluruh peserta pesepakbola. Dilanjutkan dengan tendangan perdana oleh Wakil Walikota Palopo sebagai tanda dibukanya kejuaraan Sepakbola tersebut yang diawali dengan pertandingan antara tim SDN 3 surutanga Vs tim SDN 33 Kalukulajuk. (asm)