Masih Belasan Tahun, Pria di Palopo Sudah Jadi Spesialis Pencuri Kotak Amal Masjid

1185
ADVERTISEMENT

PALOPO – Usianya baru 16 Tahun, tapi aksi MI (16) sudah sangat profesional. Warga Jalan KH Ahmad Razak, Kelurahan Pajalesang, Kecamatan Wara, Palopo itu merupakan spesialis pencuri kotak amal masjid.

Tercatat ada delapan masjid dan satu BRI Link yang sudah digasak pelaku. Namun, sepandai-pandai tupai melompat, pasti akan jatuh juga, dia berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Wara di salah satu rumah Jalan Kelapa, Kelurahan Lagaligo, Palopo.

ADVERTISEMENT

Salah satu aksi pelaku terekam kamera CCTV saat melakukan pencurian kotak amal di masjid Al-Furqon Palopo.

Dipimpin Panit Reskrim Polsek Wara, Ipda A Akbar, remaja itu mengakui perbuatannya. Bahkan ada masjid yang lebih dari satu kali dia ambil isi kotak amalnya.

ADVERTISEMENT

“Untuk saat ini, menurut pengakuan pelaku ada delapan masjid dan satu BRI Link yang pernah dia jalankan aksinya. Tapi total dia melakukan pencurian sebanyak 12 kali. Ada dua masjid yang kecurian lebih dari satu kali,” jelas Ipda A Akbar.

“Contohnya Masjid Baitul Ikhlas Jalan Anggrek (Dekat Jembatan Bolong) Kecamatan Wara, Palopo. Tanggal 2 Juli 2021 pelaku mencuri dan berhasil menggasak uang kotak amal sebesar Rp 2 Juta. Kemudian tanggal 19 Juli, MI kembali mengulang perbuatannya dan berhasil mencuri uang kotak amal sebesar Rp 650 ribu,” sambungnya.

“Saat ini pelaku dan barang bukti telah kami amankan di Mapolsek Wara,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Wara, AKP Asdar melalui Kasi Humas Polsek Wara, Aipda Wahid meminta masyarakat untuk lebih waspada untuk mencegah tindak pidana pencurian.

“Kami minta masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, tetap jalankan Protokol Kesehatan dalam menjalankan setiap aktivitas,” pungkasnya. (liq)

Berikut beberapa Masjid dan BRI Link yang berhasil digasak pelaku :

1. Masjid Islamic Center
2. Masjid Baitul Ikhlas Jembatan bolong (2 kali)
3. Masjid Pesantren Putri Anggrek (3 kali)
4. Masjid Kodim 1403 Al – Furqoon
5. Masjid di Lapangan Bua
6. Masjid Pesona Istana Luwu
7. Masjid Al – Amanah Lagaligo
8. Masjid Dangerakko
9. Bri Link Jalan Kelapa

ADVERTISEMENT