Pemkot Palopo Raih Penghargaan STBM dari Kementerian Kesehatan

242
Walikota Palopo, HM Judas Amir menerima penghargaan STBM Award dari kementerian kesehatan di Jakarta, Rabu (2/10/2019).
ADVERTISEMENT

JAKARTA – Pemerintah Kota Palopo kembali meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan Award tahun 2019 dari kementerian kesehatan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Penyerahan penghargaan dilakukan di sela seminar hari lingkungan hidup sedunia ke-9, oleh Menteri Kesehatan, Prof Nila Djuwita Moeloek, di Auditorium dr GA Siwabessi, Kementerian Kesehatan, Rabu (2/10/2019).

Pemkot Palopo meraih penghargaan kategori Kota Stop BABS/ODF. Penghargaan itu diberikan karena Palopo terus berupaya memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam penyediaan layanan sanitasi berkelanjutan berbasis masyarakat tahun 2019. Selain Palopo, ada 18 kabupaten/kota lainnya di Indonesia yang meraih STBM award ini.

Selain penghargaan STBM Award, Palopo juga mendapatkan penghargaan penghargaan sanitarian atau petugas kesehatan lingkungan puskesmas terbaik SBS (ODF) 100% dari Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat. Penghargaan itu diberikan kepada Lise, petugas kesehatan dari puskesmas Kecamatan Bara.

ADVERTISEMENT

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan mengucapkan selamat kepada seluruh daerah yang mendapatkan penghargaan STBM ini. “Wilayah yang bapak/ibu pimpin sudah menyatakan diri bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau sudah memiliki STBM berbasis masyarakat,” kata Nila F Moeloek.

Ia menyebut, kabupaten, kota dan provinsi peraih penghargaan ini tidak hanya layak mendapat apresiasi, mereka juga layak menjadi tempat pembelajaran bagi wilayah lain di Indonesia. “Indonesia terus berkomitment untuk menyukseskan tujuan pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang salah satu tujuannya menyasar pada sanitasi dan air bersih,” jelasnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Masih kata Nila, di dunia telah ditandatangani SDGs. “Ini tentu sebagai tujuan kita membuat pencapaian, salah satunya adalah bagaimana kita mengakses sanitasi dan pengadaan air bersih,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kirana Pritasari menyampakan bahwa hampir seluruh kabupaten dan kota di Indonesia telah melaksanakan pemicuan STBM, dan telah lebih dahulu mencapai ODF (terbebas dari BAB sembarangan) melalui serangkaian inovasi seperti kerjasama dengan instansi setempat, kelompok pemuda, pihak swasta, ataupun berbagai gerakan bersih sungai dan pinjaman lunak untuk pembuatan jamban.

Terpisah, walikota Palopo HM Judas Amir mengaku bersyukur atas penghargaan ini. Kata dia, apa yang diraih pemkot ini tidak lepas dari kerjasama elemen masyarakat dengan pemerintah. “Yang paling penting, bagaimana kita bisa meningkatkan apa yang telah diraih,” harap walikota dua periode itu.

Pada penyerahan penghargaan, walikota Palopo didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rahmat, Kepala Bappeda, Firmanza dan Kabag Humas, Wahyudin. (asm)

ADVERTISEMENT